Abdurrahman Aqil

My notes~

Wednesday, May 29, 2019

AMD resmi luncurkan Ryzen seri 3000

Chipset Ryzen gen 3rd
Dr Lisa Su
Abdurrahmanaqil.com - 27 mei 2019, Dr Lisa Su Presiden sekaligus CEO AMD menaiki panggung dan mengucapkan terimakasih kepada komite Computex yang telah mengundang perusahaan untuk keynote pertamanya di pameran tersebut. Lisa Su menguraikan sejarah AMD selama 50 tahun terakhir karena telah memperkenalkan teknologi baru, menggembar-gemborkan pencapaian yang telah diraih oleh AMD seperti CPU dan GPU 1GHz pertama, prosesor dekstop 32-core high-end pertama, dan terakhir GPU dengan 7nm pertama.
AMD tidak berpuas diri, dengan berbagai pencapaian tersebut, dan akan terus berusaha untuk membuat inovasi lainnya.

Lisa Su mengatakan AMD mencintai para gamer dan beralih ke produk game. Su menjelaskan peluncuran Radeon VII, GPU 7nm pertama di industri. Generasi selanjutnya dari Playstation Sony akan ditenagai oleh prosesor Zen 2 custom dan Navi GPU. Navi hadir dengan arsitektur RDNA 7nm , yang berbeda dari arsitektur GCN(Graphic Core Next). Navi hadir dengan boot clock yang lebih cepat, daya yang lebih rendah, dan GPU PCIe 4.0 pertama di dunia.
Perpindahan AMD ke arsitektur Navi tidak berarti sepenuhnya meninggalkan arsitektur GCN untuk selamanya. Perusahaan akan terus menggunakan arsitektur yang lebih lama, tetapi arsitektur RDNA yang baru adalah desain yang bersih untuk menjalankan "dekade berikutnya" dari sebuah game.

Su memutar video tentang Ryzen generasi ketiga, Branding resmi AMD tampaknya datang sebagai generasi ketiga atau Ryzen Gen3. Su mengulang apa yang sudah kita ketahui, bahwa chip baru akan datang dengan 7nm Zen 2 core yang merupakan inkarasi ketiga dari arsitektur Zen. Chip ini akan masih menggunakan soket AM4 dan membawa konektivitas PCIe 4.0 pertama ke PC desktop.

Gen 3 Ryzen menggandakan kinerja floating point dan hadir dengan ukuran cache dua kali lipat. AMD mengatakan telah meningkatkan throughput instuksi per siklus (IPC) sebesar 15% dalam beban kerja PC desktop. IPC yang ditingkatkan akan meningkatkan kinerja di semua jenis beban kerja, dari bermain game hingga aplikasi.

Su memperkenalkan Ryzen 7 seri 3700x CPU dengan 8 Cores /  16 Threads ini hadir dengan base clock 3.6GHz dan boostclock hingga 4.4GHz, dengan cache 36MB dan TDP 65 watt. AMD melakukan demo Cinebench R20 dengan Ryzen 3700x vs i7-9700k, dengan hasil kemengangan 3700x sebanyak 30% melawan i7-9700k. 3700x unggul 1% dalam kinerja single-thread, 28% dalam kinerja multi-thread, dan TDP 35W lebih rendah dibandingkan dengan i7-9700k.

AMD juga memperkenalkan beberapa seri lainnya yang setara dengan kompetitornya dengan harga yang jauh lebih murah. Berikut daftarnya
harga prosesor ryzen
AMD sendiri akan merilis prosesor generasi terbarunya dengan teknologi 7nm pada tanggal 7 bulan 7 2019 dan menghasilkan angka unik 7-7-7 Melihat harganya dalam kurs dolar, jika dirupiahkan kita bisa memperkirakan harganya.