Abdurrahman Aqil

My notes~

Monday, December 2, 2013

Algoritma : Pertemuan 2


Flowchart adalah sekumpulan gambar – gambar tertentu untuk menyatakan alur dari suatu program yang akan diterjemahkan ke salah satu bahasa pemrograman. Kegunaan flowchart sama seperti halnya algoritma yaitu untuk menuliskan alur program tetapi dalam bentuk gambar atau symbol.
Flowchart dibagi menjadi dua (2) bagian, yaitu :
1. Flowchart yang menggambarkan alur suatu sistem
2. Flowchart yang menggambarkan alur dari suatu program.
Sistem Flowchart
Adalah bagan yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu, melalui flowchart ini dapat terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data. Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagai input maupun output.
Contoh :
Dari contoh flowchart di atas terlihat bahwa system flowchart menggambarkan :
• Hubungan antara suatu file dengan file lainnya
• Media yang dipakai untuk setiap file
Jadi system flowchart dapat memberikan gambaran umum mengenai system pengolahan data.
Program Flowchart
Adalah bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program.
Flowchart merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya program flowchart maka urutan proses di program menjadi lebih jelas, jika ada penambahan proses, maka dapat dilakukan lebih mudah.
Contoh :
Dari contoh flowchart di atas terlihat bahwa program flowchart memberikan gambaran secara rinci tentang urutan instrukdi yang disusun oleh pemrograman untuk diterapkan ke computer.
Setelah flowchart selesai disusun selanjutnya diterjemahkan ke bentuk program dengan bahasa pemrograman, seperti, BASIC, PASCAL, dll.
SIMBOL – SIMBOL FLOWCHART
Flowchart dalam menggambarkan alur sistem atau program menggunakan suatu gambar yang mempunyai symbol tertentu seperti dibawah ini :




http://mane3x.wordpress.com/2013/03/29/konsep-dasar-flowchart-dan-perbedaan-tiap-jenis-flowchart/

No comments:

Post a Comment