Abdurrahman Aqil

My notes~

Sunday, October 6, 2013

Membuat SKCK


Soreeee semuanyaaaa.. J
Duhhh capek banget deh hari ini, bulak-balik terus dari tadi pagi. Padahal Cuma buat dapetin selembar kertas ngga berguna doang, yaampuunn..
Ini lohh namanya SKCK Surat Keterangan Catatan Kematian Kepolisian. Ceritanya kan gue baru mau masuk kuliah disalah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Nah syarat masuknya itu ada banyak, salah satunya ya SKCK ini.

S =Surat
K = Keterangan
C = Catatan
K = Kepolisian

Huruf ‘K’ terakhir kepanjangannya adalah Kepolisian, berarti bikinnya di kantor polisi ? Yap! Bener banget. SKCK buatnya di kantor polisi atau polsek terdekat dari rumah, tapi ada syaratnya dan aturan mainnya juga buat dapetin SKCK ini..
Pertama, kita lapor ke Bapak RT di lingkungan rumah kita masing-masing . Di sana, kita bakal dibuatin yang namanya Surat Pengantar. Ngga perlu bayar kok, Cuma ya namanya kan orang kerja masa ngga dibayar.

Langkah Kedua, setelah mendapatkan surat pengantar dari RT, lalu kita menuju ke Kelurahan. Kelurahan?  Ya! Kelurahan. Setelah sampai di kelurahan, kita datangi loketnya untuk membuat SKCK, di sana kita diminta persyaratan , antara lain :

·         Fotocopy KTP terbaru
·         Fotocopy Kartu Keluarga atau KK
                                                      ·         Surat Pengantar dari RT tadi.


Lalu kita diminta untuk menunggu proses pembuatan surat pengantar  , sekitar  10 – 15 menit. Setelah selesai pembuatan surat pengantar tersebut, kita diminta membayar administrasinya sebesar Rp. 20.000,-

Ketiga, setelah mendapatkan surat pengantar dari Kelurahan, selanjutnya kita menuju ke stage terakhir yaitu Kantor Polisi atau Polsek terdekat. Sebelum kita datang ke Kantor Polisi atau Polsek, ada beberapa points yang harus kita penuhi sebelumnya untuk pembuatan SKCK, diantaranya :
  1.   Membawa Surat Pengantar dari Kelurahan.
  2.   Membawa Foto berukuran 4x6, 4 lembar berwarna.
  3.  Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (masing-masing 1 lembar)
  4.  Membawa Alat Tulis, (pulpen aja)
  5.  Pakaian Sopan, (tidak pakai sandal; tidak pakai celana pendek)

Setelah kita memenuhi points di atas,lalu kita melapor ke Polsek terdekat untuk pembuatan SKCK, di sana kita menyerahkan Surat pengantar dari kelurahan, foto 4 lembar berwarna, fotocopy KTP & KK.

Kalo kita udah nyerahin itu semua, nanti kita dikasih form buat diisi. Isinya ada pertanyaan dan pernyataan. Misalnya kita pernah melakukan tindak kriminal atau ngga, terus diselesaikannya dengan cara apa, ya kalo pernyataannya kita punya berapa saudara, namanya siapa aja, umur berapa, dan sebagainya. 

Perlu diingat, alat tulis ngga boleh minjem. Kalo udah diisi semua, kita balikin formnya, terus kita bakal diambil sidik jarinya, selesai deh.. ini hasil SKCK yang gue bikin hehe  abis itu tanya sama penjaganya kapan SKCK kita bisa diambil, pada hari itu juga kita bisa ambil kok J
udah dulu ya ... gue mau bikin surat keterangan sehat dulu nih.. hehe

No comments:

Post a Comment